Sabtu, 23 Juni 2012

I Remember Mocca Live In Concert: Konser Perdana Mocca Pasca Vakum

I Remember Mocca Live In Concert
Friday 22nd June 2012
@WoodsyGab Foodcourt Makassar

Setelah vakum sejak sekitar setahun yang lalu, Mocca akan kembali mengadakan konser reuni mereka di beberapa kota. Hal ini dilakukan setelah sang vokalis, Arina berkesempatan kembali mengunjungi Indonesia. Memang saat ini Arina lebih memilih menjadi seorang ibu rumah tangga. Setelah menikah Ia memutuskan untuk menetap di Long Beach, Amerika Serikat bersama sang suami. Dan beruntunglah Kota Makassar karena dipilih Mocca sebagai kota pertama tempat pelaksaan konser mereka pasca sang vokalis pulang.

Bertempat di WoodsyGab Foodcourt Makassar, Mocca siap mengobati rasa rindu semua Swinging Friends (sebutan untuk para fans setia Mocca) yang sudah membuncah lewat sebuah Konser bertajuk I Remember Mocca Live In Concert. Sedianya konser akan dilaksanakan mulai pukul 9 malam. Namun sebelum Arina (vokal/flute), Riko (Gitar), Toma (Bass) dan Indra (drum) beraksi di atas panggung mini, para penonton terlebih dulu disuguhi sebuah film dokumenter berjudul Life Keeps On Turning. Film bergenre rockumentary (rock documentary) ini bercerita banyak tentang saat-saat terakhir Mocca waktu akan memutuskan untuk vakum di tahun 2011 lalu. Semua gambaran perasaan para Swinging Friends juga personel Mocca tergambar di film berdurasi kurang lebih 80 menit ini.

Konser dibuka dengan pemutaran film Life Keeps On Turning
Selepas itu, MC langsung memanggil keempat personel Mocca yang memang telah bersiap di tengah-tengah penonton. Suara penonton langsung membahana memenuhi ruangan WoodsyGab yang memang tidak terlalu luas.

“Halo, apa kabar Makassar?” Sapaan pertama Arina yang langsung ditimpali tepuk tangan meriah oleh semua penonton.

“Makassar selalu memberikan kesan indah kepada kami, terutama kalian semua dan juga makanan ringannya yang selalu membuat kangen.” Lanjut Arina.

Setelah sapa kangen tersebut Mocca baru beraksi. What If langsung dimainkan sebagai lagu pembuka dilanjutkan dengan I Think I’m In Love yang langsung menghadirkan singalong dari penonton. My Only One dimainkan selanjutnya sebelum MC kembali masuk untuk bertanya-tanya perihal kepulangan Arina.

“Saat ini saya memang sedang menetap di Amerika bersama suami. Tapi alhamdulillah ada kesempatan untuk pulang. Beruntunglah Makassar karena menjadi kota pertama tempat konser perdana kami setelah vakum tahun lalu.” Terang Arina soal konser reuni mereka tersebut.

Lagu selanjutnya setelah sesi tanya-tanya tersebut adalah Hanya Satu, lagu berbahasa Indonesia yang menjadi soundtrack film Untuk Rena.  Kemudian, kembali sebuah lagu yang menjadi soundtrack film Catatan Akhir Sekolah, I Remember. Kedua lagu tersebut, walaupn tenang namun menghadirkan cukup banyak singalong dari penonton.

Konser semakin intim saat This Conversation dibawakan. Selain bernyanyi bersama, beberapa pasang penonton terlihat semakin mesra. Lalu Arina mengajak semua penonton untuk bernyanyi bersama di lagu Do What You Wanna Do. Jelas saja penonton tak ragu untuk bernyanyi saat disodorkan mic.

“Ini yang membuat kami selalu ingin kembali bermusik. Terimakasih karena telah bersemangat untuk terus mendukung kami.” Kata Arina kepada seluruh penonton yang sungguh bersemangat malam itu.

Lagu tentang pemuja rahasia, Secret Admirer dimainkan selanjutnya. Hyper Ballad, lagu dari musisi nyentrik Bjork pun turut dibawakan. Lagu ini dimainkan dengan rasa berbeda sesuai dengan musik khas Mocca. Setelah lagu Me And My Boy Friend dan Life Keeps on Turning semua personel Mocca sudah tampak ingin pamit untuk mengakhiri konser. Tentu saja ini ritual klasik musisi pada setiap konser. Penonton yang belum rela untuk melihat konser berakhir akan meminta tambahan lagu. Mocca mengabulkan encore. Dua lagu tambahan pun dimainkan. Lagu Swing It Bob menjadi penutup konser. Tiga penonton wanita beruntung diajak bernyanyi oleh Arina diatas panggung pada lagu tersebut.

“Terimakasih sudah datang. Terimakasih sudah bernyanyi bersama kami. Terimakasih juga karena terus mendukung kami. Konser hari ini tak akan berarti tanpa dukungan kalian. Sampai berjumpa lagi.” Tutup Arina, sebelum meninggalkan panggung dan diikuti seluruh personel Mocca yang lain.


 Total tujuh belas lagu dimainkan Mocca pada konser malam itu. Permainan seluruh personel sungguh prima. Suara Arina yang lembut dan selalu menyenangkan masih terjaga. Semua penonton terlihat puas dengan pertunjukan tersebut. Pukul 12 malam konser berakhir. Selanjutnya Mocca akan tampil di Singapura sebelum melaksanakan konser tunggal mereka di Bandung.

*Sumber gambar: @WoodsyGab 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar