Sabtu, 21 Juli 2012

KEM 2012


“MENJADI INDONESIA adalah menjadi manusia yang bersiap memperbaiki keadaan, tetapi bersiap pula untuk melihat bahwa perbaikan itu tidak akan pernah sempurna dan ikhtiar itu tidak pernah selesai.” (Goenawan Mohamad — Surat dari & untuk Pemimpin)

Yak, Kompetisi Esai Mahasiswa (KEM) 2012 kembali lagi. Kompetisi yang tahun ini sudah masuk pada jilid keempat ini kembali mengajak kita, mahasiswa Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata melalui bentuk tulisan esai.

Menjadi Indonesia = (men)dingan (ja)ngan (di)am untuk Indonesia; Sebuah gerakan moral, ajakan berbuat nyata, memberi makna pada Indonesia. Lebih baik menyalakan lilin ketimbang sekadar mengutuk kegelapan.

Pada tahun keempat ini, TEMPO Institute kembali menantang mahasiswa Indonesia untuk menetaskan buah pikiran melalui kompetisi esai. Tuliskan esaimu. Jangan berangkat dari teori yang muluk-muluk. Mulailah dengan mengamati, observasi, kondisi di sekitarmu. Gambarkan permasalahan paling menarik atau paling penting di sekelilingmu, di wilayahmu, di “area kekuasaanmu”.

Ini bukan kompetisi membuat makalah dengan basis teori yang rigid, tapi tentang pendapat subyektif. Tulisan bisa berupa refleksi, observasi mendalam, atau gagasan konkret atas sebuah persoalan nyata di sekitarmu.
*** 

Bocorannya, tahun ini KEM akan semakin menarik, baik dari segi pelaksanaan maupun hadiahnya. Bahkan saya sudah dikabari bahwa tahun ini KEM juga akan mengadakan road show di beberapa kota. tujuannya mensosialisasikan KEM Menjadi Indonesia 2012 dan pembacaan surat dari tokoh yang suratnya ada didalam buku "Surat dari dan untuk pemimpin". Saya dan beberapa teman sedang mengusahakan agar Makassar menjadi salah satu kota tujuan road show. Proposal dalam proses disiapkan. Doakan terwujud.

Untuk info lengkap, sila klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar