Sabtu, 17 Desember 2011

Libur Semester Ini Mau Kemana?


Ah, libur semester akhirnya datang juga. Lama sekali rasanya. Oke, langsung saja. Mari menyusun rencana atau kemungkinan vakansi bersama. Kalo saya sih rencananya seperti ini:

#Sorowako
Radillah aka Kyo, seorang teman telah berbaik hati menawarkan untuk pergi ke kampung masa kecilnya, Sorowako. Sorowako adalah sebuah kabupaten di ujung barat Sulawesi Selatan. Katanya sih disana asyik. Udara masih asri juga di dekat rumahnya ada sebuah danau yang lumayan untuk bersenang-senang. Paling tidak bisa melepas rasa penat  setelah final semester. Untuk sementara Sorowako masuk dalam list teratas dalam daftar tujuan jejalan libur kali ini.

#Bulukumba
Tuhan merahmati Kabupaten Bulukumba dengan relief alam yang super indah. Untuk saya, Tuhan mengirimkan teman-teman yang berbaik hati dan berkampung di Bulukumba. Setiap ada waktu lowong kala libur, selalu saja ada ajakan untuk berkunjung ke Kota Lopi tersebut. Kalau sudah begitu, saya bisa merasakan liburan yang mewah dengan modal yang sangat minim. Sungguh anugerah. :D

Kalau jadi ke Bulukumba, Bira bukan lagi tujuan utama. Saya ingin merasakan objek wisata lain, yang katanya tidak kalah indahnya. Ada sungai air Jernih. Disana bisa sekalian wisata sejarah. Karena ada makam Datuk Cik Ditiro disana. Selain itu saya juga sangat ingin berkunjung ke kawasan suku kajang. Sudah lama saya tertarik dengan budaya suku yang menolak segala hal yang berbau modernitas ini.

#Tarakan
Tentu Kota ini selalu masuk list setiap kali masuk masa rehat kuliah. Mamak, Bapak dan adik-adik semua ada di kota ini. Tapi pulang kampung ini baru bisa direalisasikan kalau tidak ada kegiatan organisasi di saat-saat libur ini. Karena, mubazir rasanya pulang kesana kalau maksimal cuma seminggu. 

#EfekRumahKaca
Kalau saya jadi untuk agenda ini, berarti saya tidak kemana-mana hingga malam perayaan tahun baru. Tetap di Makassar saja maksudnya. Tanggal 30 Desember nanti Efek Rumah Kaca akan ada gigs di Makassar. Sangat sayang melewatkan penampilan mereka.

#Pinrang
Ini destinasi klise tiap libur sebenarnya. Tentu saja desakan keluarga yang selalu membuat saya kesana. Tetapi ada beberapa hal yang saya sukai dari daerah kelahiran saya ini. Letak rumah nenek disana sangat nyaman. Ditengah-tengah daerah persawahan yang sangat luas. Daerah itu akan sangat indah menurut saya ketika sedang musim padi tumbuh. Sekeliling pemandangan akan berwarna hijau cerah. Aktifitas rutin saya disana adalah berjalan-jalan di pematang sawah kala pagi dan bermain bola di lapangan pabrik penggilingan padi kala petang.

Tapi, kalau kesana lagi saya ingin berkunjung ke sebuah pantai yang menjadi pemukiman nelayan disana. Awal tahun lalu, ada seorang keluarga yang dinikahi oleh lelaki yang berasal dari daerah pesisir tersebut. Mereka lalu menetap disana. Kalau berkunjung kesana, saya dijanjikan untuk menikmati hasil laut sepuasnya. (Mulai ngiler :p)

#Pangkep
Tempat ini kampung untuk rehat singkat bagi saya. Karena akhir pekan pun daerah ini bisa saya datangi. Jarak tempuh Makassar-Pangkep hanya memakan waktu satu jam. Disana ada om dan tante juga sepupu-sepupu. Bahkan di rumah mereka tersebut saya memiliki kamar yang selalu saya pakai setiap kali saya berkunjung.

Tapi selama saya ke Pangkep, belum pernah saya mendatangi satupun destinasi wisata. Saya sangat ingin mendatangi pulau-pulau kecil di sekitar Pangkep ini. syahdan, pulau-pulau sekitar daerah ini cukup lumayan. Sekalian saya ingin merasakan kisah Suster Apung yang memang beroperasi di sekitar daerah tersebut.

Ya, itu beberapa rencana tujuan liburan saya yang siap dieksekusi setelah Taman Wisata Ilmiah LP2KI di #Malino. Bagaimana dengan anda?

3 komentar:

  1. saya pilih di rumah atau wisata kuliner~ :D

    BalasHapus
  2. thx udah ninggalin jejak di blog ane gan :D

    so..follow my tweet, i'll follow u back bro!!
    masa tegako liat followingku 2 juta :D

    BalasHapus
  3. pokoknya, kau haram pindah dari Sulawesi selama aku belum kesana :p

    BalasHapus